4 Alasan Kenapa Kamu Harus Backup Data Kamu Sekarang Juga

By Wahid Abrar → Kamis, 02 April 2015
4 Alasan Kenapa Kamu Harus Backup Data Kamu Sekarang Juga
Kalau ada hal paling penting tapi paling jarang dilakukan oleh pengguna komputer dan smartphone, itu adalah backup.
Ayo jujur — seberapa sering kamu melakukan backup, dan kapan terakhir kali kamu melakukan backup?

KENAPA BACKUP JARANG DILAKUKAN

Banyak orang jarang melakukan backup karena malas, lupa, merasa tidak punya waktu, dan tidak menyadari bahwa kehilangan data bisa terjadi kapan saja. Padahal melakukan backup secara rutin bakal membuat kamu lebih aman dari resiko kehilangan berbagai data penting yang kamu miliki.

LAKUKAN BACKUP SEKARANG JUGA

Seiring dengan lamanya penggunaan, semakin banyak data penting yang tersimpan di komputer dan smartphone kita. Ada dokumen, foto, video, serta file penting lainnya. Meskipun saat ini sepertinya data kamu aman-aman saja, namun WinPoin menyarankan kamu segera melakukan backup.
Berikut ini adalah 4 alasan kenapa kamu harus backup data kamu sekarang juga:

SUATU HARI, HARDISK KAMU PASTI RUSAK


Semua orang pasti akan mengalaminya — masa dimana hardisk komputer rusak dan sebagian atau semua data yang ada didalamnya hilang. Mungkin beberapa diantara kamu sudah mengalaminya dan sebagian lagi belum.
Sama seperti perangkat elektronik lainnya, hardisk juga memiliki umur dan masa pakainya sendiri. Hardisk yang kita miliki sebenarnya hanya menunggu waktu saja untuk habis masa pakainya dan menjadi rusak atau bermasalah.
Jadi jika sampai saat ini hardisk kamu masih bisa berjalan lancar dan datanya bisa diakses tanpa masalah, maka backuplah berbagai data penting kamu sekarang juga.

BARU MENYESAL SETELAH KEHILANGANNYA

4 Alasan Kenapa Kamu Harus Backup Data Kamu Sekarang Juga
Sama seperti orang-orang terkasih, data penting juga demikian. Kita baru akan menyesal dan sadar begitu pentingnya mereka setelah kehilangannya.
Saat ini mungkin kamu cuek dengan berbagai dokumen di Drive D yang berisi data kuliah, atau merasa biasa saja dengan koleksi foto kamu teman kampus dan keluarga yang tersimpan di Drive E. Tetapi begitu data tersebut hilang mendadak karena suatu hal dan tidak memiliki backup, maka disitulah baru kita akan muncul rasa kehilangan dan penyesalan.
Aduh cover makalah ku hilang…
Aduh data laporan tugas akhirku hilang..
Aduh koleksi lagu favoritku yang bergiga-giga hilang..
Aduh foto nongkrong ku sama temen kuliah hilang..
Aduh foto ku waktu main ke Bali ilang..
Aduh foto ku sama mantan hilang.. #eh :D
Untuk itu jika semua data tersebut masih tersimpan dengan baik di komputer dan smartphone kamu, backup sekarang juga daripada menyesal karena kehilangan di kemudian hari.

BACKUP ITU MUDAH

Dengan hadirnya teknologi sinkronisasi dan cloud storage, backup menjadi semakin mudah untuk dilakukan. Pengguna Windows dan Windows Phone bisa memanfaatkan OneDrive yang sudah terintegrasi baik di OS tersebut. Kamu tinggal memilih letak dokumen penting yang ingin dibackup dan proses sinkronisasi bakal otomatis berjalan setiap waktu.
Melakukan backup secara offline juga bisa dilakukan dengan mudah dan otomatis menggunakan software backup, misalnya Genie Timeline Free. (BacaPanduan Lengkap Backup Data di PC Kamu)

BACKUP ITU MURAH

4 Alasan Kenapa Kamu Harus Backup Data Kamu Sekarang Juga
Tidak perlu membayar mahal untuk melakukan backup. Kamu bisa memanfaatkan space gratis dari berbagai cloud storage untuk membackup data secara online. OneDrive, Dropbox, Box, SugarSync, dan berbagai cloud storage lainnya selalu memberikan paket gratis yang bisa kamu manfaatkan untuk menyimpan berbagai dokumen dan foto penting.
Bagi kamu yang lebih suka melakukan backup di media penyimpanan local, kamu bisa menyiapkan USB Flashdisk atau hardisk eksternal untuk melakukan sinkronisasi backup otomatis menggunakan software backup setidaknya seminggu atau sebulan sekali.

Itulah 4 alasan kenapa kamu harus melakukan backup data sekarang juga. Seperti kata pepatah “sedia payung sebelum hujan”, maka biasakanlah melakukan backup agar tidak menyesal ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terhadap data penting kita.

APA YANG MEMBUAT KAMU TIDAK MELAKUKAN BACKUP?

Jika kamu termasuk orang yang jarang bahkan sama sekali tidak pernah melakukan backup hingga hari ini, apa yang menghalangi kamu untuk melakukannya?

Post Tags:

Wahid Abrar

I'm Wahid Abrar. A full time Watching Anime. I enjoy to make modern template. I love post film and write about magazine, blogger. Now I'm still school in Senior High Shool. If you want buy my Template, Contac me.

No Comment to " 4 Alasan Kenapa Kamu Harus Backup Data Kamu Sekarang Juga "